Lowongan TNI AD (Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat)

Lowongan TNI AD (Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat)Lowongan Kerja Terbaru SMA, SMK, D3, S1 Maret 2016, Lowongan Kerja 2016 Terbaru hari ini, Lowongan Kerja SMA Terbaru, Lowongan Kerja Terbaru SMK, Lowongan Kerja D3 Terbaru, Lowongan Kerja Terbaru S1, Lowongan Kerja Terbaru D3, S1 dan S2 Maret 2016, Lowongan Kerja Terbaru Bank SMA SMK D3 S1 Maret 2016, Lowongan Guru Terbaru, Lowongan Perawat, Lowongan Bidan Terbaru, Lowongan Kerja Apoteker Terbaru, Lowongan Dokter Terbaru, Lowongan Kerja BLU Non PNS Terbaru, Lowongan Kerja Jakarta Terbaru S1 S2 Maret 2016, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat - TNI AD atau disebut sebagai "TNI Angkatan Darat" adalah Tentara Nasional Indonesia. AD TNI adalah bagian dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bertanggung jawab atas operasi pertahanan Republik Indonesia di darat. TNI AD dibentuk pada tanggal 5 Oktober 1945 dan awalnya terdaftar sebagai Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Berkantor pusat di Jakarta, TNI AD kini memiliki 2 perintah utama pertempuran, 13 bidang utama Command (KODAM) dan 44 Resort Militer Komando di seluruh Indonesia. TNI AD perintah utama memerangi adalah Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) dan Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Saat ini, TNI AD dipimpin oleh Jenderal Mulyono sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia


Penerimaan Tamtama TNI AD
Gelombang 1 - TA 2016

Persyaratan Umum : 
  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Setia kepada Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 (UUD 1945).
  4. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 22 tahun pada saat pembukaan pertama pendidikan tanggal 21 April 2016.
  5. Tidak memiliki catatan kriminal yang dikeluarkan secara tertulis oleh Polri.
  6. Sehat jasmani dan rohani dan tidak memakai kacamata.
  7. Tidak sedang kehilangan hak untuk menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.
  8. Persyaratan lainnya
  9. pendidikan minimal SMP (SMP) atau setara dari sekolah yang terakreditasi (publik atau swasta).
  10. ketinggian minimal 163 cm dengan berat badan seimbang.
  11. Tunggal / belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama masa pendidikan (sekitar 2 tahun).
  12. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun.
  13. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Republik Indonesia.

Harus mematuhi pemeriksaan / pengujian yang dilakukan oleh panitia penerimaan yang meliputi:
  • Administrasi;
  • Kesehatan;
  • Fisik;
  • ideologi Mental; dan
  • Psikologi.

Jadwal Seleksi

 Wilayah Zona I (Kodam I/BB, II/Swj, III/Slw, IV/Dip, V/Brw, Jaya dan IM) :
  1. Pendaftaran Online tanggal 22 Februari s.d. 5 Maret 2016 (di luar tanggal tersebut dinyatakan tidak sah);
  2. Pemeriksaan dan pengujian tingkat daerah tanggal 7 s.d. 19 Maret 2016;
  3. Parade tanggal 22 Maret 2016;
  4. Pemeriksaan dan pengujian tingkat pusat tanggal 25 Maret s.d. 4 April 2016;
  5. Sidang Pemilihan tanggal 5 April 2016;
  6. Pengumuman tanggal 6 April 2016; dan
  7. Buka Dikma tanggal 21 April 2016

Wilayah Zona II (Kodam VI/Mlw, VII/Wrb, IX/Udy, XII/Tpr, XVI/Ptm dan XVII/Cen) :
  1. Pendaftaran Online tanggal 22 Februari s.d. 5 Maret 2016 (di luar tanggal tersebut dinyatakan tidak sah);
  2. Pemeriksaan dan pengujian tingkat daerah tanggal 14 s.d. 26 Maret 2016;
  3. Parade tanggal 1 April 2016;
  4. Pemeriksaan dan pengujian tingkat pusat tanggal 7t s.d. 17 April 2016;
  5. Sidang Pemilihan tanggal 18 April 2016;
  6. Pengumuman tanggal 19 April 2016; dan
  7. Buka Dikma tanggal 21 April 2016

Aspek Penilaian

Pemeriksaan/Pengujian tingkat Daerah:
  1. Administrasi. Penilaian aspek administrasi dilaksanakan melalui pemeriksaan dokumen administrasi yang diperlukan sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan, dilaksanakan secara cermat, teliti dan tertib atas kelengkapan, kebenaran dan keabsahannya dengan berpedoman pada ketentuan pemeriksaan yang berlaku.
  2. Kesehatan. Penilaian aspek kesehatan dilaksanakan melalui pemeriksaan kesehatan secara terbatas khususnya pada materi sesuai sektor U (kapasitas fisik secara umum, A (anggota atas, B (anggota bawah), D (alat pendengaran dan keseimbangan, L (alat penglihatan) dan G (gigi dan mulut).
  3. Jasmani.   Penilaian aspek bidang jasmani dilaksanakan melalui pemeriksaan postur meliputi : tinggi/berat badan, struktur anatomi, sikap gerak dan penampilan dengan berpedoman pada ketentuan penilaian yang berlaku.
  4. Mental Ideologi. Penilaian aspek mental ideologi dilaksanakan melalui pengisian data awal calon dalam bentuk formulir Daftar Isian Pertanyaan/DIP yang meliputi data mengenai riwayat hidup, riwayat tempat tinggal, riwayat sekolah, riwayat permasalahan hukum dan data-data lain yang digunakan sesuai dengan perkembangan kondisi.


Pemeriksaan/Pengujian tingkat Pusat:
  1. Administrasi. Penilaian aspek administrasi dilaksanakan melalui pemeriksaan dokumen administrasi baik pada saat Rik/Uji maupun setelah calon prajurit masuk pendidikan sesuai persyaratan yang telah ditentukan. Namun apabila dikemudian hari masih ditemukan bukti bahwa persyaratan administrasi calon tidak benar dan tidak absah, maka akan diambil tindakan sesuai dengan hukum dan peraturan-peraturan yang berlaku.
  2. Kesehatan. Penilaian aspek kesehatan dilaksanakan melalui pemeriksaan kesehatan fisik secara menyeluruh, Laboratorium, EKG, Rontgen, USG Abdomen dan kesehatan jiwa dengan berpedoman pada ketentuan pemeriksaan yang berlaku.
  3. Jasmani.   Penilaian aspek bidang jasmani dilaksanakan melalui pemeriksaan postur tubuh, pengujian kesegaran jasmani dan pengujian ketangkasan renang dengan berpedoman pada ketentuan penilaian yang berlaku.
  4. Mental Ideologi. Penilaian aspek mental ideologi dilaksanakan melalui penelitian personel tentang berbagai aspek kerawanan terhadap paham atau ajaran ideologi yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945, pengaruh radikal kiri/kanan/lain dan atau menentang Pancasila, UUD 1945, Negara dan Pemerintah, serta pengaruh lingkungan negatif lain yang mengakibatkan lunturnya pengabdian dan atau mempunyai kepribadian yang tidak sesuai dengan norma, nilai dan aturan yang berlaku di lingkungan TNI AD.
  5. Psikologi. Penilaian aspek psikologi dilaksanakan melalui pemeriksaan psikologi yang meliputi aspek intelegensi dan kepribadian/stabilitas emosi dengan berpedoman pada ketentuan pemeriksaan yang berlaku.


Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat sumber resmi dari TNI pada link berikut di bawah ini. Untuk mengajukan kesempatan ini, silahkan mengirimkan aplikasi Anda dengan masuk ke situs erecruitment terkait TNI http://ad.rekrutmen-tni.mil.id/berita/pengumuman/tamtama-ad. Silahkan mengirimkan aplikasi Anda sebelum 5 Maret 2016

Silahkan lihat juga Lowongan Kerja Maret Terbaru S1 TNI AD terkait Maret 2016 ini, Lowongan Kerja Maret Terbaru S1 Maret 2016 TNI AD tutup tanggal 5 Maret 2016. Perlu ingat dalam proses seleksi Karyawan  TNI AD tidak dikenakan biaya alias Free. Hati-hati dengan oknum yang mengatas namakan TNI AD yang meminta sejumlah uang untuk pelaksanaan rekrutmen ini. Pihak Lowongan Kerja Maret Terbaru S1 Maret 2016 TNI AD tidak bertanggung jawab atas kejadian seperti ini. Harap diperhatikan. Hanya Kandidat yang sesuai dengan persyaratan Lowongan Kerja Maret Terbaru S1 Maret 2016 TNI AD yang akan dihubungi dan diumumkan.