Lowongan Kerja PT Kereta Api Indonesia (Persero)

Lowongan Kerja Palembang PT Kereta Api Indonesia (Persero)
Kerja SMA Terbaru, Lowongan Kerja Terbaru SMK, Lowongan Kerja D3 Terbaru, Lowongan Kerja Terbaru S1, Lowongan Kerja Terbaru D3, S1 dan S2 Juli 2016, Lowongan Kerja Terbaru Bank SMA SMK D3 S1 Juli 2016, Lowongan Guru Terbaru, Lowongan Perawat, Lowongan Bidan Terbaru, Lowongan Kerja Apoteker Terbaru, Lowongan Dokter Terbaru, Lowongan Kerja BLU Non PNS Terbaru, Lowongan Kerja Jakarta Terbaru, Lowongan Kerja Yogyakarta, Lowongan Kerja Palembang, Lowongan Kerja Jawa Timur, Lowongan Kerja Surabaya Terbaru S1 S2 Juli 2016, Kehadiran kereta api di Indonesia ditandai dengan pencangkulan pertama pembangunan jalan KA di desa Kemijen, Jum'at tanggal 17 Juni 1864 oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Mr. L.A.J Baron Sloet van den Beele. Pembangunan diprakarsai oleh Naamlooze Venootschap Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NV. NISM) yang dipimpin oleh Ir. J.P de Bordes dari Kemijen menuju desa Tanggung (26 Km) dengan lebar sepur 1435 mm. Ruas jalan ini dibuka untuk angkutan umum pada hari Sabtu, 10 Agustus 1867.


Selain di Jawa, pembangunan jalan KA juga dilakukan di Aceh (1874), Sumatera Utara (1886), Sumatera Barat (1891), Sumatera Selatan (1914), bahkan tahun 1922 di Sulawasi juga telah dibangun jalan KA sepanjang 47 Km antara Makasar-Takalar, yang pengoperasiannya dilakukan tanggal 1 Juli 1923, sisanya Ujungpandang - Maros belum sempat diselesaikan. Sedangkan di Kalimantan, meskipun belum sempat dibangun, studi jalan KA Pontianak - Sambas (220 Km) sudah diselesaikan. Demikian juga di pulau Bali dan Lombok, pernah dilakukan studi pembangunan jalan KA. Sampai dengan tahun 1939, panjang jalan KA di Indonesia mencapai 6.811 Km. Tetapi, pada tahun 1950 panjangnya berkurang menjadi 5.910 km, kurang Iebih 901 Km raib, yang diperkirakan karena dibongkar semasa pendudukan Jepang dan diangkut ke Burma untuk pembangunan jalan KA di sana.

Jenis jalan rel KA di Indonesia semula dibedakan dengan lebar sepur 1.067 mm; 750 mm (di Aceh) dan 600 mm di beberapa lintas cabang dan tram kota. Jalan rel yang dibongkar semasa pendudukan Jepang (1942 - 1943) sepanjang 473 Km, sedangkan jalan KA yang dibangun semasa pendudukan Jepang adalah 83 km antara Bayah - Cikara dan 220 Km antara Muaro - Pekanbaru. Ironisnya, dengan teknologi yang seadanya, jalan KA Muaro - Pekanbaru diprogramkan selesai pembangunannya selama 15 bulan yang mempekerjakan 27.500 orang, 25.000 diantaranya adalah Romusha. Jalan yang melintasi rawa-rawa, perbukitan, serta sungai yang deras arusnya ini, banyak menelan korban yang makamnya bertebaran sepanjang Muaro- Pekanbaru. 

Setelah kemerdekaan Indonesia diproklamir-kan pada tanggal 17 Agustus 1945, karyawan KA yang tergabung dalam Angkatan Moeda Kereta Api (AMKA) mengambil alih kekuasa-an perkeretaapian dari pihak Jepang. Peristiwa bersejarah tersebut terjadi pada tanggal 28 September 1945. Pembacaan pernyataan sikap oleh Ismangil dan sejumlah anggota AMKA lainnya, menegaskan bahwa mulai tanggal 28 September 1945 kekuasaan perkeretaapian berada di tangan bangsa Indonesia. Orang Jepang tidak diperbolehkan campur tangan lagi urusan perkeretaapi-an di Indonesia. Inilah yang melandasi ditetapkannya 28 September 1945 sebagai Hari Kereta Api di Indonesia, serta dibentuknya Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI).

Untuk membantu dalam pertumbuhan dan ekspansi perusahaan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) membuka Lowongan Kerja dengan formasi sebagai berikut :

a. Kriteria Pelamar

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Usia :
    - tingkat S1 serendah-rendahnya 23 (dua puluh tiga) tahun, setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun per 1 juli 2016;
    - tingkat D3 serendah-rendahnya 22 (dua puluh dua) tahun, setinggi-tingginya 30 (tiga puluh) tahun per 1 juli 2016.
  3. Memiliki ijazah dengan :
    - program studi tingkat S1 terakreditasi “a” pada saat tanggal kelulusan,
    - program studi tingkat D3 terakreditasi minimal “b” pada saat tanggal kelulusan.
  4. IPK minimal 2,95.
  5. Tinggi badan 160 (seratus enam puluh) cm dengan berat badan ideal untuk pria dan 155 (seratus lima puluh lima) cm untuk wanita dengan berat badan seimbang/ideal, bagi formasi D3/S1.
  6. Tinggi badan pria 165 (seratus enam puluh lima) cm dan wanita minimal 160 (seratus enam puluh) cm dengan berat badan seimbang/ideal, bagi formasi D3 calon kondektur dan D3 calon masinis.
  7. Tidak ada ikatan kerja langsung dengan instansi lain.
  8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja perusahaan.
  9. Berkelakuan baik dengan dibuktikan dengan surat dari POLRI (SKCK).
  10. Sehat jasmani dan rohani serta tidak buta warna.
  11. Tidak pernah terlibat narkoba atau psikotropika.
  12. Khusus pria tidak bertindik.
  13. Tidak bertato.
  14. Apabila terdapat pelamar yang belum mendapatkan ijazah maupun transkrip nilai, pelamar dapat membuktikan dengan surat keterangan lulus (SKL) yang terdapat nilai IPK akhir dengan tetap memenuhi persyaratan lainnya sebagaimana yang tercantum diatas.


    (catatan : pada saat tanda tangan kontrak PKM ijazah/transkrip nilai asli harus ada)


b. Persyaratan Umum Lamaran

  • 1. Fotocopy ijazah D3/S1 yang dilegalisir.
  • 2. Fotocopy transkrip nilai D3/S1 yang dilegalisir.
  • 3. Melampirkan :
    - Untuk jenis pekerjaan D3/S1 melampirkan akreditasi program studi dari BAN-PT pada saat tanggal kelulusan atau dari universitas yang dilegalisir.
    - Untuk jenis pekerjaan kondektur melampirkan sertifikat akreditasi program studi dari BAN-PT pada saat tanggal kelulusan atau dari universitas yang dilegalisir serta TOEFL minimal 350 dan/atau IELTS nilai minimal 2.5 dan/atau TOEIC nilai minimal 350 serta ijazah SLTA semua jurusan;
    - Untuk jenis pekerjaan masinis melampirkan sertifikat akreditasi program studi dari BAN-PT pada saat tanggal kelulusan atau dari universitas yang dilegalisir serta ijazah SMA IPA atau SMK Mesin/Otomotif/Listrik.
  • 4. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
  • 5. Pas foto berwarna terbaru ukuran 4x6.


keterangan :
- persyaratan 1 s/d 5 diupload melalui web rekrut.kereta-api.co.id dalam bentuk pdf dengan ukuran maksimal 2 mb / file 


c.   Tahapan seleksi

1
Tahap I
: seleksi administrasi
2
Tahap II
: seleksi kesehatan awal
3
Tahap III
: tes psikologi
4
Tahap IV
: tes wawancara
5
Tahap V
: tes kesehatan akhir


d.   Pendidikan yang dibutuhkan

No
Jenis pekerjaan/ Pendidikan
Pendidikan
Akreditasi Minimal
1
D3
Akuntansi
B
Desain interior
B
Desain komunikasi visual
B
Ilmu hukum
B
Kearsipan
B
Kesekretariatan
B
Manajemen/teknik informatika
B
Statistika
B
Teknik arsitektur
B
Teknik elektronika
B
Teknik kimia
B
Teknik sipil / konstruksi sipil
B
Teknik telekomunikasi
B
2
D3 kondektur
Semua jurusan
B
3
D3 masinis
Semua jurusan dan mempunyai ijazah SMA IPA atau SMK Mesin/Otomotof/Listrik
B
4
S1
Akuntansi
A
Arkeologi
A
Desain komunikasi visual
A
Ilmu hukum
A
Ilmu komunikasi
A
Ilmu sejarah
A
Manajemen
A
Perhotelan
A
Sastra inggris
A
Statistika
A
Teknik arsitektur
A
Teknik elektro
A
Teknik informatika / sistem informasi
A
Teknik lingkungan
A
Teknik sipil
A

e.   Prosedur Pelaksanaan Seleksi

  1. Pelamar melakukan registrasi dan upload berkas sesuai persyaratan umum lamaran poin 1 - 5 melalui web rekrut.kereta-api.co.id pada tanggal 14-18 juli 2016.
  2. Pelamar yang melakukan upload data diluar tanggal yang sudah ditentukan, maka dianggap tidak melakukan registrasi dan upload data.
  3. Pelamar yang lulus seleksi tahap I (Seleksi Administrasi) berhak mengikuti seleksi tahap II yaitu Seleksi Kesehatan Awal yang akan. diumumkan pada tanggal 23 Juli 2016.
  4. Seluruh tahapan seleksi akan dilaksanakan di Bandung.
  5. Pengumuman hanya dilakukan melalui website resmi rekrut PT Kereta Api Indonesia (Persero) (www.rekrut.kereta-api.co.id).
  6. Proses pelaksanaan rekrutmen PT Kereta Api Indonesia (Persero) tidak dipungut biaya apapun, dimohon untuk mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu meluluskan peserta rekrutmen.


Untuk informasi Lowongan Kerja , silakan lihat sumber resmi dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) pada link berikut di bawah ini. Jika Anda tertarik untuk menjadi anggota dari keluarga besar KAI, Anda bisa datang dan langsung menyerahkan semua dokumen yang diperlukan di atas (hard copy) ke Job Fair ITS yang akan diadakan tanggal 23 - 24  Juli 2016 di Gedung Graha ITS, Jl Raya ITS . Panitia rekrutmen akan memverifikasi file administrasi. Semua pelamar yang memenuhi persyaratan poin 1-5 akan diberikan username dan password untuk meng-upload file (dalam format pdf) melalui website tanggal 23 - 25  Juli 2016.

Silahkan lihat juga Lowongan Kerja  Terbaru S1 PT Kereta Api Indonesia (Persero) terkait  Juli 2016 ini, Lowongan Kerja  Terbaru S1  Juli 2016 PT Kereta Api Indonesia (Persero)  tutup tanggal 25  Juli 2016. Perlu ingat dalam proses seleksi Karyawan PT Kereta Api Indonesia (Persero)  tidak dikenakan biaya alias Free. Hati-hati dengan oknum yang mengatas namakan  PT Kereta Api Indonesia (Persero)  yang meminta sejumlah uang untuk pelaksanaan rekrutmen ini. Pihak Lowongan Kerja JakartaTerbaru S1  Juli 2016 PT Kereta Api Indonesia (Persero)  tidak bertanggung jawab atas kejadian seperti ini. Harap diperhatikan. Hanya Kandidat yang sesuai dengan persyaratan Lowongan Kerja Jakarta Terbaru S1  Juli 2016 PT Kereta Api Indonesia (Persero)  yang akan dihubungi dan diumumkan.

Penting : Lowongan Kerja  Terbaru PT Kereta Api Indonesia (Persero) Tutup tanggal  18  Juli 2016.